Contoh Laporan Hasil Kuesioner


PERILAKU KONSUMEN
LAPORAN HASIL KUESIONER TENTANG PERILAKU KONSUMEN
                                                                                                       









UNIVERSITAS ISLAM 45
                                                    BEKASI        





PENYUSUN:
Nama                                          :  M.SYAMSUL MA’ARIF        
Fak/ Jurusan                              :  EKONOMI/MANAJEMEN   
Npm                                            :   41183402100049


                                                                                                                       
RINGKASAN
                  Salah  satu  kegiatan  yang  harus  dilakukan  oleh  Produsen adalah  mengetahui apa yang lebih di utamakan oleh para konsumen dalam memilih suatu produk yang akan di gunakan.
pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pengisian kuesioner oleh 20 orang RESPONDEN yang antara lain  bertujuan  untuk  menilai  tingkat  minat dan tingginya suatu ke inginan konsumen dalam memilih produk baik itu dari segi kualitas, design, dan harga.
  Secara  ringkas  jawaban  responden  atas  seluruh  pertanyaan  kuesioner  menunjukkan  hasil
sebagai berikut:                                                                                                                                  
1.      Hasil  tabulasi  data  terhadap  jawaban Dari  10  pertanyaan dari jawaban 20 orang Responden dapat di simpulkan hampir sekitar 60,5 % dalam Usia dewasa yang berkisar 30-40 thn atau lebih mereka lebih memilih kendaraan bermotor dari merk HONDA. Sedangkan 20% dalam usia muda 20-30 thn dominan dalam motor Kawasaki dan Yamaha. Hal itu dapat menunjukan Konsumen dewasa lebih mengutamakan produk yang sudah terkenal dan terjamin ke unggulan nya.

2.      Hasil  analisis  rinci  terhadap  jawaban  responden  dalam pertanyaan kualitas MESIN, DESIGN, HARGA penuh beraneka ragaman yang di dapat,simpulan berikut ini:
Ø  Secara umum HONDA lebih banyak di gunakan masyarakat dengan alasan MESIN yang bandel dan jangka pemakaian lama,namun konsumen sadar dari segi design Yamaha dan Kawasaki lah yang di unggulkan, bahkan tidak heran jika konsumen dalam DESIGN ada sebagian orang yang mengutamakan design dari pada mesin.
Ø  Untuk masalah harga, Yamaha lah yang berada di Rate tertinggi dari merk motor lain, dengan Harga yang terjangkau mesin yang bias di bilang standar kualitas, dan design yang oke. Tidak heran jika dalam peredaran Yamaha lebih dominan, hal ini dapat di lihat banyak nya responden yang memilih Yamaha. dari 20 Responden hampir semua memilih Yamaha motor yang di tumpangi nya baik itu dalam bentuk Fighter series atau Matic series.
Ø  Untuk tingkat kepuasan dan factor usia maupun pendapatan dari konsumen, ternyata dapat di simpulkan.
o   Motor Yamaha banyak di gunakan oleh konsumen yang kisaran gaji nya 1-2jt , karena dengan pendapata segi motor Yamaha adalah salah satu nya kendaraan yang memberikan keringan konsumen untuk memiliki. Kendaraan yang banyak di gunakan konsumen adalah motor Matic. Dan usia penggunaan pun beraneka ragam tidak kenal usia muda ataupun Tua. semua puas dengan apa yang ada di kendaraan mereka baik itu dari segi design or mesin.




DAFTAR ISI


RINGKASAN  ............................................................................................................................. 1

DAFTAR ISI ................................................................................................................................ 2

I.  Pendahuluan  ...........................................................................................................................  3 
III.  Analisis Data  .......................................................................................................................  9
III. Kesimpulan ..........................................................................................................................  25
Lampiran..................................................................................................................................... 27


BAB. I
Pendahuluan                                                      
Dalam era modern seperti ini banyak dari segelintiran masyarakat yang sudah memerlukan kendaraan sebagai alat tranportasi yang mudah untuk di miliki dan kendarai. Tidak sedikit juga para produsen mulai gencar menghasilkan suatu karya sebuah kendaraan baik itu dari type matic,bebek,fighter sampai motor gede (MOGE).
Banyak sekali kendaraan dari bran-brand ternama yang menncoba menarik pangsa pasar Indonesia dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam teori ekonomi hukum permintaan dan penawaran “ Jika harga semakin murah makan permintaan atau pembelian akan semakin banyak dan sebaliknya. Semua terjadi karena semua ingin mencapai ke untungan dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi dan hasilnya tidak sesuai dengan harga baik dari design maupun kualitas mungkin pembeli akan membeli sedikit.
Selanjutnya merujuk kerangka pemikiran di atas di lakukan lah sebuah penelitian untuk membuktikan pernyataan tersebut, apa yang ada di benak masyarakat dan seperti apa ke inginan masyarakat dapat terpenuhi ke butuhan nya untuk memiliki sebuah kendaraan agar dapat lebih mudah bertransortasi dengan nyaman dan harga terjangkau.
Untuk  mengetahui bagaimana persepsi  tersebut perlu dilakukan suatu survey  yang hasilnya dapat menginformasikan tentang:
1.      Kendaraan apa yang lebih di utamakan masyarakat apakah design,kualitas mesin,atau harga.
2.      Kendaraan merk apa yang sudah melekat di pikiran masyrakat dan asumsi masyrakat dengan merk kendaraan tersebut.
3.      Kendaraan seperti apa yang di nilai oleh usia muda-dewasa dan gaji 1-5jt untuk memenuhi kebutuhan.
4.      Termasuk Gaya hidup seperti apa konsumen atau pangsa pasar di Indonesia ini.
hasil  survei  ini  akan  menjadi  salah  satu  acuan  dalam mengetahui perilaku konsumen di Indonesia dalam menilai suatu produk.Oleh sebab itu, terhadap masing-masing sasaran survei di atas telah disusun sejumlah pertanyaan. Secara lengkap daftar pertanyaan-pertanyaan dari kuesioner ini dapat dilihat pada lampiran laporan ini.
BAB.II
Analisis data hasil kuesioner

Untuk kendaraan yang beredar di masyrakat dengan hasil penelitian kuesioner, di lihat dari factor usia,pendapatan,dan pengetahuan konsumen dari merk kendaraan tersebut dapat di simpulkan sebagai berikut :

Merk Kendaraan
Design
(MOGE,
FIGHTER
,MATIC
,BEBEK)
MESIN
HARGA BELI
HARGA JUAL
TINGKAT KEPUASAN
TINGKAT KE TIDAK PUASAN
Honda
35%
80 %
55 %
70 %
70 %
30 %
Yamaha
55%
15 %
75 %
40 %
55%
45 %
Kawasaki
55%
35 %
45%
60%
80%
20 %
Suzuki
10%
10%
25%
10%
15%
85 %


BAB. III.
Simpulan
Dari uraian di atas peneliti dapat hasil memperkirakan bahwa konsumen di Indonesia  lebih menyukai dengan harga yang terjangkau karena penghasilan biasa, banyak yang memilih jalan alternative dengan mencari motor yang harga terjangkau,dengan mesin yang bagus, design oke, walaupun harga jual sedikit rendah. Dan itu terbukti dengan hasil kuesioner banyak nya penggunan motor Yamaha yang lebih memilih Yamaha karenda design yang bagus.
Akan tetapi tidak sedikit juga yang tidak memilih Honda , untuk usia dewasa mereka masih percaya dengan produk Honda di karena kan harga jual yang tinggi dan mesin yang awet.
Ketidak puasan para konsumen terletak dari ke unggulan motor tersebut dari pernyataan para responden, Yamaha lebih mementingkan design dengan mesin yang standar tidak ada perkembangan . jadi hal wajar jika Yamaha mengeluarkan kendaraan elegan harga terjangkau.
Berbeda dengan pesaingnya Honda dan Kawasaki dalam type motor gede , mereka lebih mementingkan Mesin yang super power . memang kendaraan ini lebih di unggulkan atau di idamkan kaum muda tapi tidak sedikit juga kaum dewasa memakainya. Suzuki pun mampu menandingi yamaha,Honda,dan Kawasaki dari motor bebek nya seperti motor fighter nya SATRIA FU, angka yang cukup tinggi sekelas motor bebek atau fighter menandingi motor gede dari merk produsen lain dengan menyajikan mesin yang super power design yang lumayan,akan tetapi harga jual dari Suzuki lah yang di permasalahkan.
Inilah hasil dari penelitian perlikau konsumen dalam memilih suatu produk/merk kendaraan . seperti biasa semua tergatung dari selera dan gaya hidup seseorang. Akan tetapi factor pendapatan penghasilan dapat mempengaruhi ke inginan sese orang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar