PERILAKU
KONSUMEN
LAPORAN HASIL KUESIONER TENTANG
PERILAKU KONSUMEN
UNIVERSITAS
ISLAM 45
BEKASI
PENYUSUN:
Nama : M.SYAMSUL
MA’ARIF
Fak/ Jurusan
: EKONOMI/MANAJEMEN
Npm : 41183402100049
RINGKASAN
Salah satu
kegiatan yang harus
dilakukan oleh Produsen adalah mengetahui apa yang lebih di
utamakan oleh para konsumen dalam memilih suatu produk yang akan di gunakan.
pelaksanaan
kegiatan ini dilakukan pengisian kuesioner oleh 20 orang RESPONDEN yang
antara lain bertujuan untuk
menilai tingkat minat dan tingginya suatu ke
inginan konsumen dalam memilih produk baik itu dari segi kualitas, design, dan
harga.
Secara
ringkas jawaban responden
atas seluruh pertanyaan
kuesioner menunjukkan hasil
sebagai
berikut:
1. Hasil tabulasi
data terhadap jawaban Dari 10
pertanyaan dari jawaban 20 orang Responden dapat di simpulkan hampir sekitar 60,5 %
dalam Usia dewasa yang berkisar 30-40 thn atau lebih mereka lebih memilih
kendaraan bermotor dari merk HONDA. Sedangkan 20% dalam usia muda 20-30 thn
dominan dalam motor Kawasaki dan Yamaha. Hal itu dapat menunjukan Konsumen
dewasa lebih mengutamakan produk yang sudah terkenal dan terjamin ke unggulan
nya.
2. Hasil analisis
rinci terhadap jawaban
responden dalam
pertanyaan kualitas MESIN, DESIGN, HARGA penuh beraneka ragaman yang di dapat,simpulan
berikut ini:
Ø Secara
umum HONDA lebih banyak di gunakan masyarakat dengan alasan MESIN yang bandel
dan jangka pemakaian lama,namun konsumen sadar dari segi design Yamaha dan
Kawasaki lah yang di unggulkan, bahkan tidak heran jika konsumen dalam DESIGN
ada sebagian orang yang mengutamakan design dari pada mesin.
Ø Untuk
masalah harga, Yamaha lah yang berada di Rate tertinggi dari merk motor lain, dengan
Harga yang terjangkau mesin yang bias di bilang standar kualitas, dan design
yang oke. Tidak heran jika dalam peredaran Yamaha lebih dominan, hal ini dapat
di lihat banyak nya responden yang memilih Yamaha. dari 20 Responden hampir
semua memilih Yamaha motor yang di tumpangi nya baik itu dalam bentuk Fighter
series atau Matic series.
Ø Untuk
tingkat kepuasan dan factor usia maupun pendapatan dari konsumen, ternyata
dapat di simpulkan.
o Motor
Yamaha banyak di gunakan oleh konsumen yang kisaran gaji nya 1-2jt , karena
dengan pendapata segi motor Yamaha adalah salah satu nya kendaraan yang
memberikan keringan konsumen untuk memiliki. Kendaraan yang banyak di gunakan
konsumen adalah motor Matic. Dan usia penggunaan pun beraneka ragam tidak kenal
usia muda ataupun Tua. semua puas dengan apa yang ada di kendaraan mereka baik
itu dari segi design or mesin.
DAFTAR ISI
RINGKASAN
.............................................................................................................................
1
DAFTAR ISI
................................................................................................................................
2
I. Pendahuluan
........................................................................................................................... 3
III. Analisis Data
....................................................................................................................... 9
III. Kesimpulan
.......................................................................................................................... 25
Lampiran.....................................................................................................................................
27
BAB. I
Pendahuluan
Dalam era modern seperti ini banyak dari
segelintiran masyarakat yang sudah memerlukan kendaraan sebagai alat
tranportasi yang mudah untuk di miliki dan kendarai. Tidak sedikit juga para
produsen mulai gencar menghasilkan suatu karya sebuah kendaraan baik itu dari
type matic,bebek,fighter sampai motor gede (MOGE).
Banyak
sekali kendaraan dari bran-brand ternama yang menncoba menarik pangsa pasar
Indonesia dengan memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam teori ekonomi hukum
permintaan dan penawaran “ Jika harga semakin murah makan permintaan atau
pembelian akan semakin banyak dan sebaliknya. Semua terjadi karena semua ingin
mencapai ke untungan dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi dan hasilnya
tidak sesuai dengan harga baik dari design maupun kualitas mungkin pembeli akan
membeli sedikit.
Selanjutnya merujuk kerangka pemikiran di atas di lakukan lah sebuah
penelitian untuk membuktikan pernyataan tersebut, apa yang ada di benak
masyarakat dan seperti apa ke inginan masyarakat dapat terpenuhi ke butuhan nya
untuk memiliki sebuah kendaraan agar dapat lebih mudah bertransortasi dengan
nyaman dan harga terjangkau.
Untuk mengetahui bagaimana
persepsi tersebut perlu dilakukan suatu survey
yang hasilnya dapat menginformasikan tentang:
1.
Kendaraan apa yang lebih di utamakan masyarakat apakah
design,kualitas mesin,atau harga.
2.
Kendaraan merk apa yang sudah melekat di pikiran
masyrakat dan asumsi masyrakat dengan merk kendaraan tersebut.
3.
Kendaraan seperti apa yang di nilai oleh usia muda-dewasa
dan gaji 1-5jt untuk memenuhi kebutuhan.
4.
Termasuk Gaya hidup seperti apa konsumen atau pangsa
pasar di Indonesia ini.
hasil survei
ini akan menjadi
salah satu acuan
dalam mengetahui perilaku konsumen di Indonesia dalam menilai suatu produk.Oleh
sebab itu, terhadap masing-masing sasaran survei di atas telah disusun sejumlah
pertanyaan. Secara lengkap daftar pertanyaan-pertanyaan dari kuesioner ini
dapat dilihat pada lampiran laporan ini.
BAB.II
BAB.II
Analisis data hasil kuesioner
Untuk kendaraan yang beredar di
masyrakat dengan hasil penelitian kuesioner, di lihat dari factor
usia,pendapatan,dan pengetahuan konsumen dari merk kendaraan tersebut dapat di
simpulkan sebagai berikut :
Merk
Kendaraan
|
Design
(MOGE,
FIGHTER
,MATIC
,BEBEK)
|
MESIN
|
HARGA BELI
|
HARGA JUAL
|
TINGKAT
KEPUASAN
|
TINGKAT KE
TIDAK PUASAN
|
Honda
|
35%
|
80 %
|
55 %
|
70 %
|
70 %
|
30 %
|
Yamaha
|
55%
|
15 %
|
75 %
|
40 %
|
45 %
|
|
Kawasaki
|
55%
|
35 %
|
45%
|
60%
|
80%
|
20 %
|
Suzuki
|
10%
|
10%
|
25%
|
10%
|
85 %
|
BAB. III.
Simpulan
Dari uraian di atas peneliti dapat
hasil memperkirakan bahwa konsumen di Indonesia
lebih menyukai dengan harga yang terjangkau karena penghasilan biasa,
banyak yang memilih jalan alternative dengan mencari motor yang harga
terjangkau,dengan mesin yang bagus, design oke, walaupun harga jual sedikit
rendah. Dan itu terbukti dengan hasil kuesioner banyak nya penggunan motor
Yamaha yang lebih memilih Yamaha karenda design yang bagus.
Akan tetapi tidak sedikit juga yang
tidak memilih Honda , untuk usia dewasa mereka masih percaya dengan produk
Honda di karena kan harga jual yang tinggi dan mesin yang awet.
Ketidak puasan para konsumen
terletak dari ke unggulan motor tersebut dari pernyataan para responden, Yamaha
lebih mementingkan design dengan mesin yang standar tidak ada perkembangan .
jadi hal wajar jika Yamaha mengeluarkan kendaraan elegan harga terjangkau.
Berbeda dengan pesaingnya Honda dan
Kawasaki dalam type motor gede , mereka lebih mementingkan Mesin yang super
power . memang kendaraan ini lebih di unggulkan atau di idamkan kaum muda tapi
tidak sedikit juga kaum dewasa memakainya. Suzuki pun mampu menandingi
yamaha,Honda,dan Kawasaki dari motor bebek nya seperti motor fighter nya SATRIA
FU, angka yang cukup tinggi sekelas motor bebek atau fighter menandingi motor
gede dari merk produsen lain dengan menyajikan mesin yang super power design
yang lumayan,akan tetapi harga jual dari Suzuki lah yang di permasalahkan.
Inilah hasil dari penelitian
perlikau konsumen dalam memilih suatu produk/merk kendaraan . seperti biasa
semua tergatung dari selera dan gaya hidup seseorang. Akan tetapi factor
pendapatan penghasilan dapat mempengaruhi ke inginan sese orang.
terimkasih om atas infonya
BalasHapus